Kamis, 09 Agustus 2012

Istilah Kearsipan Kata Serapan Dari Berbagai Bahasa Dunia

Mari kita berbagi ilmu, kami akan coba membahas mengenai istilah-istilah kearsipan. Anda pasti bertanya-tanya, mengapa harus arsip?? dan apakah arsip begitu penting bagi kehidupan kita?? Yuk mari simak isi blog ini, Kami akan coba tuangkan dengan bahasa yang mudah anda mengerti.


Arsip dalam kosakata bahasa Indonesia merupakan serapan dari kata archief , dari bahasa Belanda.

Yup betul, karena terlalu lamanya VOC (Belanda) ada di Indonesia, sehingga orang Indonesia mulai terbiasa dengan kosa kata ini.

Dalam pengertian Belanda, archief terbagi menjadi dua yaitu : dynamisch archief (arsip dinamis) dan statisch archief (arsip statis) atau kadang-kadang disingkat archief (arsip) saja. Di Indonesia, umumnya digunakan istilah arsip (saja) untuk menyebut suatu surat/dokumen sebagai arsip dinamis atau statis, yang apabila ditelusuri lebih jauh dapat menimbulkan kerancuan. Misalnya penerapan istilah Jadwal Retensi Arsip; akan memunculkan pertanyaan, apakah retensi berlaku untuk arsip dinamis sekaligus arsip statis? Atau hanya berlaku untuk arsip dinamis?

Dalam era Globalisasi ini, bahasa menjadi salah satu yang menyatukan Bangsa. Bahasa Inggris semakin merasuk ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Tak terkecuali dalam bidang kearsipan. Banyak penyesuaian pengertian arsip dengan konteks bahasa Inggris, yang sering disebut konteks Anglo-Saxon. Dalam konteks Anglo-Saxon, dibedakan antara pengertian record(s) dengan konsep archives. Pengertian arsip statis ini sering disingkat arsip saja, sesuai dengan penggunaan internasional. Berikut tabel perbedaan istilah-istilah mendasar ini:


Language  Bahasa

Belanda

Anglo-Saxon
Indonesia
Dynamisch archief

Record
Arsip dinamis
Statisch archief
Archives
Arsip statis


Kami akan mencoba memaparkan istilah tersebut dalam bahasa yang mudah-mudahan semakin bisa dipahami.

Perhatikan kamus  dibawah ini:

Arsip Dinamis
·         Arsip yang digunakan secara langsung dalam perencanaan pelaksanaan penyelenggaraan administrasi

Arsip statis
·         Arsip yang tidak digunakan secara langsung dalam perencanaan pelaksaan penyelenggaraan administrasi

Record
·         Arsip yang tersimpan

Archives
·         Arsip dalam bahasa Inggris

Ok. Sekian dulu tulisan mengenai Arsip (istilah) nya. Nanti kita lanjutkan kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar