Jumat, 07 Desember 2012

Tips merawat dokumen/arsip pribadi

Sering kali kita tidak tau bagaimana caranya mempertahankan sebuah arsip. Berikut ini tips merawat dokumen/Arsip Pribadi:
  1. Pada dasarnya merawat dokumen / arsip hampir sama dengan merawat buku karena sama-sama mempunyai unsur kertas. Biasakan menyimpan dokumen anda dalam tempat khusus seperti document keeper.
  2. Aturlah letak penyimpanan dokumen anda sesuai kronologis tanggal dan tahunnya. (bisa juga dengan penamaan seperti : a. Sistem Abjad (Alphabetical Filling System)
    b. Sistem Perihal (Pokok Isi Surat)
    c. Sistem Nomor
    d. Sistem Geografis / Wilayah
    e. Sistem Tanggal (Chronologis)
  3. Jangan gunakan dokumen anda sebagai alas untuk menulis dan mencoret-coret dokumen karena akan mengurangi otentisitasnya.
  4. Pastikan dokumen ada di tempat aman, tidak lembab dan memiliki sirkulasi udara yang memadai.
  5. Jauhkan dari air, minyak, debu dan panas matahari langsung yang dapat merusak kertas dokumen / arsip.
  6. Taburkan kamper atau beri butir penyerap air (silica gel) dalam rak atau lemari tempat menyimpan dokumen untuk mengusir ngengat dan mengurangi kelembaban.
  7. Bolak baliklah dokumen anda setiap tiga bulan sekali di ruang terbuka agar tidak lembab dan lengket.
  8. Hindari sesering mungkin memfotokopi dokumen karena akan memperpendek umur dokumen anda akibat terkena panasnya sinar fotokopi.
  9. Bila terpaksa mengambil dokumen anda untuk keperluan tertentu, pastikan memberi penanda di tempatnya (out indicator) bahwa dokumen sedang keluar guna mencegah kelalaian anda untuk mengembalikan lagi pada tempatnya.
  10. Yang tak kalah penting jauhkan dokumen anda dari penglihatan anak-anak agar tidak dirobek / rusak.  
membiasakan merawat arsip pribadi akan memudahkan anda merawat arsip kantor. Jika masih kebingungan bagaimana solusi tepat penyelesaian arsip dengan baik anda bisa menghubungi kami di (+6221-6336050) atau klik http://www.tatasolusi.co.id/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar