Rabu, 13 Maret 2013

Cara Merawat Laptop/Notebook Agar Tetap Awet

Laptop/Notebook untuk saat ini tampaknya bukan sebuah barang mewah lagi bagi sebagian orang, hanya dengan uang 2-3 juta Anda sudah bisa memilki sebuah laptop/notebook yang mempunyai spesifikasi yang lumayan bagus untuk membantu sobat mengerjakan pekerjaan sobat. Tentu Anda ingin laptop/notebook yang sobat miliki saat ini dapat bertahan lama bukan? Apalagi Jika Anda dapatkan dengan susah payah, atau merupakan pemberian dari orang yang sangat spesial, tentu Anda akan merasa sangat sedih sekali jika rusak atau bermasalah.

Berikut adalah beberapa tips dan cara merawat laptop/notebook agar tetap awet.

Hindari mendownload software gratis yang belum jelas kemanannya.
Sekarang ini banyak sekali software-software yang di sebarkan ke internet secara gratis, jangan mudah tergiur dengan kata gratisnya, karena tak sedikit dari software gratis yang bisa mengancam ketahanan laptop/notebook yang Anda miliki. Scan terlebih dahalu file yang Anda download menggunakan antivirus yang ada sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan atau menginstalnya.

Jangan memangku latop/notebook saat digunakan.
Kebanyakan dari laptop/notebook yang ada saat ini memiliki lubang ventilasi udara yang berada di bagian bawah, jika Anda memangku laptop/notebook saat digunakan, otomatis ventilasi udara tersebut akan tertutup. Hal itu dapat menyebabkan terjadinya overheat yang dapat menyebabkan umur serta kinerja laptop/notebook yang sobat gunakan menurun secara signifikan.

Perhatikan dan jagalah kebersihan laptop/notebook.
Kebersihan juga berperan penting dalam menjaga agar laptop/notebook sobat tetap awet, karena kotoran sekecil debu sekalipun dapat menyebabkan kerusakan yang sangat parah pada laptop/notebook Anda. Luangkanlah sedikit waktu Anda untuk sesekali membersihkan laptop/notebook.

Istirahatkan laptop/notebook beberapa saat.
Jangan terlalu memaksakan laptop/notebook untuk bekerja terlalu keras, hal itu dapat menyebabkan umur jadi lebih pendek. Istirahatkan laptop/notebook Anda setidaknya 15-20 sebelum digunakan kembali.

Jangan meletakkan bahan-bahan cair disamping laptop/notebook.
Bahan-bahan cair yang ada berada dekat dengan laptop/notebook dikhawatirkan akan tumpah dan mengenai laptop/notebook Anda. Hal itu dapat mengakibatkan kerusakan pada laptop/notebook tersebut.



Jangan membongkar sendiri laptop/notebook tanpa keahlian khusus.
membongkar laptop/notebook sendiri tanpa keahlian khusus sangat dilarang, karena sedikit saja melakukan kesalahan, maka akibatnya akan sangat fatal sekali. Jika laptop/notebook yang Anda gunakan bermasalah, sebaiknya bawa saja ke service center terdekat.

Itulah beberapa cara merawat laptop/notebook agar tetap awet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan dapat dipraktekkan sendiri pada laptop/notebook yang sobat miliki.


Softrickinfo-
Fb: Mohammad Muhdi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar