Selasa, 09 Juli 2013

Penggolongan Arsip Berdasarkan Fungsinya



Pada tulisan sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian arsip. Arsip itu mempunyai fungsi yang membantu kita dalam bekerja. Nah, pada bahasan kali ini Anda akan mengetahui fungsi arsip itu secara lebih detail.
 
Menurut fungsinya, arsip dibedakan menjadi 2 macam, yaitu arsip dinamis dan arsip statis.

1.   Arsip Dinamis.
      Adalah arsip yang digunakan secara langsung dalam kegiatan organisasi/perkantoran sehari-hari. Arsip dinamis dibagi lagi kedalam 3 macam, yaitu:
  • Arsip aktif, ialah arsip yang masih sering digunakan bagi kelangsungan kerja;
  • Arsip semi aktif, yaitu arsip yang frekuensi penggunaannya sudah mulai menurun;
  • Arsip inaktif, adalah arsip yang jarang sekali dipergunakan dalam proses pekerjaan sehari-hari.

2.   Arsip Statis
Adalah arsip yang sudah tidak dipergunakan secara langsung dalam kegiatan perkantoran sehari-hari namun tetap harus dikelola/disimpan berdasarkan pertimbangan nilai guna yang terkandung di dalamnya.

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan Bab I Ketentuan Umum Pasal 1 Poin 3 sampai dengan 7 dijelaskan mengenai beberapa pengertian arsip sebagaimana disebutkan di atas, yaitu:
1.    Arsip dinamis adalah arsip yang digunakan secara langsung dalam kegiatan pencipta arsip dan disimpan selama jangka waktu tertentu.
2. Arsip vital adalah arsip yang keberadaannya merupakan persyaratan dasar bagi kelangsungan operasional pencipta arsip, tidak dapat diperbarui, dan tidak tergantikan apabila rusak atau hilang.
3.    Arsip aktif adalah arsip yang frekuensi penggunaannya tinggi dan/atau terus menerus.
4.    Arsip inaktif adalah arsip yang frekuensi penggunaannya telah menurun.
5.    Arsip statis adalah arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip karena memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis retensinya, dan berketerangan dipermanenkan yang telah diverifikasi baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Arsip Nasional Republik Indonesia dan/atau lembaga kearsipan.


Bersambung…Penggolongan Arsip Menurut Nilai atau Kegunaannya






Tidak ada komentar:

Posting Komentar